Menu Makan Siang Sehat

By | April 2, 2019

Bagi anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat dan salah satu poin yang sedang anda biasakan dalam kehidupan sehari hari anda yaitu makan siang yang sehat, anda bisa mencoba beberapa menu berikut ini :

  • Menu makanan bergizi seimbang, terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayuran dan atau buah, dan lemak baik.
  • Porsi makan siang yang tepat. Porsi nasi tidak berlebihan dan porsi syauran tidak terlalu sedikit.
  • Tidak banyak mengandung lemak atau santan.
  • Tetap praktis, sehingga waktu istirahat saat makan siang bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Berikut, beberapa menu makan siang khas Indonesia yang bisa memenuhi pilihan tips di atas:

1. Gado-gado

Apakah Anda penggemar gado-gado? Makanan yang satu ini bisa dibilang saladnya Indonesia. Tidak hanya praktis dan cocok untuk menu makan siang, gado-gado merupakan salah satu menu makan siang yang super sehat.

Kombinasi bahan baku yang bergizi seimbang, mulai dari kentang, lontong, telur, tempe, aneka sayuran dalam jumlah banyak, serta saus kacang, merupakan komposisi makanan yang mampu memenuhi prinsip gizi seimbang.

Kebutuhan karbohidrat, protein nabati dan hewani, serta sayuran bisa terpenuhi dalam satu piring gado-gado.

Akan tetapi, perhatikan agar menyajikan tempe atau tahu dengan metode masak kukus agar rendah lemak, batasi juga porsi kerupuk atau emping saat mengonsumsi gado-gado, ya.

2. Lalapan ayam atau ikan bakar

Menu lalapan dengan sambal merupakan kombinasi yang super tepat untuk makan siang.

Selain praktis, menu makanan khas Indonesia ini juga bergizi seimbang.

Agar manfaat dari konsumsi menu lalapan untuk makan siang bisa dirasakan dengan maksimal, perhatikan porsi yang tepat dari masing-masing golongan bahan makanan.

Batasi porsi nasi sesuai kebutuhan. Jika mungkin, ganti pilihan nasi dengan nasi merah yang lebih tinggi serat.

Jangan lupa, tambahkan banyak sayuran lalapan dalam menu lalapan Anda. Sajikan paling tidak 6-7 sendok besar sayur lalapan untuk menu makan siang.

Pilih metode masak lauk yang tidak digoreng, ayam bakar dengan saus merah, atau ikan asap, tentu bisa jadi pilihan yang lezat dan sehat, bukan?

3. Menu mi sayuran

doktersehat-mie-untuk-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/Stacy Spensley

Ingin menu makan siang yang praktis? Pilih saja menu mi. Tidak hanya nikmat, namun sajian mi juga bisa menjadi pilihan yang bergizi seimbang, lho.

Beberapa tips memilih sajian mi untuk menu makan siang, diantaranya:

  • Pilih menu mi yang terbuat dari adonan dan masih basah, atau mi basah. Bukan mi instan atau mi kering.
  • Jika ada pilihan mi dengan adonan yang terbuat dari sayuran, biasanya disajikan dengan warna hijau, bisa jadi pilihan yang baik.
  • Sajikan mi dengan lauk dan sayuran yang bergizi seimbang, tambahkan daging atau telur rebus, tambahkan sayuran yang cocok, misalnya jamur, sawi, selada, atau acar dalam jumlah yang banyak, minimal 5-6 sendok besar.
  • Anda boleh menyajikan dengan banyak bumbu alami, mirip mi ayam atau mi pangsit, akan tetapi hindari menambahkan terlalu banyak garam atau kecap, agar asupan natrium dalam tubuh tidak naik, ya.

Nah, itu dia 3 menu makan siang yang sehat, tetap praktis dan enak.

Rasa menu makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia tentu membuat kita semakin bersemangat mengonsumsi makanan sehat di siang hari, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *